Index Berjangka / Perhitungan Profit Index Berjangka

PERHITUNGAN PROFIT INDEX BERJANGKA
http://kabupaten-wonosobo-dieng.blogspot.com/


Index Berjangka adalah bisnis yang memiliki peluang keuntungan sangat tinggi. Namun sesungguhnya, bagaimana sih gambaran keuntungan dari berinvestasi di Index Berjangka ?

Berikut ini kita akan mencoba menggambarkan dasar-dasar perhitungan dari transaksi index berjangka, mungkin di tiap-tiap perusahaan Broker ada perhitungan tersendiri, namun sepertinya tidak akan berbeda jauh. Dasar perhitungan kita memakai Index Hang Seng, yang popular di Indonesia.

Pertama-tama harus kita pahami bahwa saat kita membuka suatu transaksi, maka sebagian dari dana di account kita akan berpindah ke kolom necessary, namun itu sifatnya hanyalah deposit yang akan dikembalikan begitu transaksi ditutup. Begitu juga jaminan untuk Overnight, baik untuk overnight open position atau in locking position, biaya jaminan itu sifatnya hanyalah deposit sementara.

Profit transaksi Index Berjangka tidak dikenai pajak, namun simpanan di Segregated Account juga tidak mendapatkan bunga bank.

Biaya yang sungguh-sungguh kita keluarkan hanyalah :
  • Broker fee yang dibayarkan ke perusahaan broker berjangka, bervariasi, sekitar US$ 180 per trade settle. Di dalamnya sudah termasuk fee buat marketing, wakil pialang, biaya kantor, dan pajak penghasilan perusahaan.
  • Financing Fee, yaitu denda yang ditarik pemerintah bila ada transaksi menginap, besarnya 18 US$ untuk tiap trade settle / malam
Dengan dasar bahwa :
  • spread margin antara Bid (harga jual) dan Ask (harga beli) adalah 12 point,
  • dimana harga Index Hang Seng selalu berfluktuasi (swing antara harga tertinggi dan terendah) sekitar 100 - 900 point
  • Nilai Value Per Point (nilai perubahan per 1 trade settle, setara dengan 6 lot) adalah 30 US$
Maka dengan perubahan fluktuasi harga sebesar 13 point, kita telah memiliki keuntungan sebesar US$ 390 - US$ 180 = US$ 210. Dengan kata lain, untuk perubahan harga sebesar 6 point saja, maka broker fee sudah terbayar.

Perhitungan profit di Index Berjangka bisa memakai rumus :

(sell - buy) x jumlah trade settle x US$ 30 - (broker fee x jumlah trade settle)

Anda bayangkan, untuk Swing harga 100 point saja, maka peluang profit per trade settle adalah
3.000 US$. Bagaimana bila dalam hari itu harga tertinggi dan terendah bisa swing sebesar 900 point?

Maka tidak heran bila bagi pemain yang sudah mahir, bisa menutup transaksi profit lebih dari 10 kali dalam 1 hari tarding day. Untuk pemain besar, mencapai profit Rp. 1 milyar rupiah sehari adalah hal biasa.

Untuk nasabah personal yang belum terlalu pintar, dengan investasi total sebesar US$ 1.500 (esekitar 150 juta rupiah), keuntungan sebesar 24 juta rupiah per bulan adalah keuntungan yang tidak muluk. Apalagi, saat transaksi mulai dibuka, sampai 2 jam kemudian, biasanya swing harga selalu besar, sehingga sangat aman untuk melakukan transaksi.

Kebanyakan nasabah terjebak pada saat transaksi telah melewati 2 jam transaksi pertama, dimana swing harga sangat rapat, dan kadang berbalik arah sebelum kita sempat menutup transaksi.

Anda tertarik untuk mencoba investasi di Index Berjangka? Siapa yang tidak tertarik untuk investasi yang bisa menghasilkan profit minimal 10 % per bulan.

Kalau anda tertarik, cobalah mulai dengan membuka account simulasi di Peusahaan Broker Berjangka yang terpercaya. Anda akan membuktikan bahwa semua ini memang betul adanya. Dan dijamin tidak lama kemudian anda akan tertarik untuk memulai trading dengan real money.

Satu hal yang harus dipegang untuk berinvestasi di Index Berjangka, adalah anda harus disiplin dan tidak tamak. Maka dijamin anda akan sukses di Index Berjangka.

Perhitungan Profit Index Berjangka